Upaya LKNU Kediri Jaga Santri dari TBC

Kediri, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama PC-LKNU Kabupaten Kediri mengadakan kegiatan orientasi penguatan kader pesantren agar terbebas dari Tuberculosis atau TBC di Aula PCNU Kabupaten Kediri, Sabtu-Ahad (11-12/09/2021). Hal itu dilakukan untuk menjaga santri dari penyakit TBC.

KH Muhammad Ma’mun Mahfud, Ketua PCNU Kabupaten Kediri, mengatakan bahwa orientasi kader ponpes ini sangat bagus untuk keberlangsungan proses menuju sehat di lingkungan pesantren.

“Lakukan sebagai santri yang suka kesehatan, pernyataan bahwa ponpes tempat kumuh dan jauh dari perilaku sehat harus kita ubah dengan bukti nyata,” kata Kiai Ma’mun.

Niswatus Syarifah, Ketua LKNU Kabupaten Kediri, mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk  meningkatan kapasitas pemberdayaan masyarakat pesantren dalam pencegahan dan pengendalian TBC melalui Gerakan Sehat Masyarakat GERMAS.

“kegiatan tersebut untuk mewujudkan pesantren sehat” ujarnya.

Alumni pondok Pesantren Al-Falah, Ploso, Kediri, itu menuturkan bahwa kegiatan tersebut diikuti lima pesantren. Dia berharap dengan kegiatan itu santri semakin paham dengan kesehatan diri dan lingkungan sekitarnya.

Editor: Nur Faishal

https://jatim.nu.or.id/read/upaya-lknu-kediri-jaga-santri-dari-tbc