Peringati Hari Ozon Internasional, Pelajar NU di Banyuwangi Tanam Mangrove

Banyuwangi, NU Online Jatim

Hari Ozon Internasional diperingati setiap tanggal 16 September. Momentum ini tidak dilewatkan begitu saja oleh elemen pelajar NU di Banyuwangi. Yakni dengan melakukan penanaman mangrove di Pantai Cemara Cinta Kawang Muncar Banyuwangi, Ahad (19/09/2021).

Mereka itu yang terdiri dari Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) STAI Darul Ulum Berasan, Muncar dan Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU Kedungringin. Selain itu, turut bergabung pula Pimpinan Anak Cabang (PAC) PSNU Pagar Nusa. Acara bertajuk ‘Penghijauan dan Penanaman Pohon Mangrove untuk Masa Depan’.

Ketua PKPT IPNU STAI Darul Ulum Berasan, Romi Nur Yasin mengatakan bahwa tanam mangrove tersebut sangat berdampak positif. Yakni dapat menumbuhkan solidaritas kader, serta berkontribusi baik untuk lingkungan.

“Kegiatan ini sangat baik bagi lingkungan, khususnya daerah sekitar Kecamatan Muncar, Banyuwangi,” tuturnya kepada NU Online Jatim.

Menurut Romi, pelaksanaan kegiatan dipandu langsung oleh penngelola pantai setempat. Hal ini dilakukan agar tidak asal tanam yang justru tidak baik hasilnya. “Semoga kolaborasi ini bermanfaat dan nantinya bakal ada kolaborasi-kolaborasi lagi yang lebih baik,” ungkapnya.

Sementara Ketua Pelaksana kegiatan, Ainul Ummah menyebutkan ada sebanyak 70 pohon mangrove yang ditanam pada agenda tersebut. Menurutnya, selain untuk memperingati Hari Ozon Internasinal, juga untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan.

“Lebih-lebih kepada para pemuda sebagai generasi penerus bangsa,” ujar perempuan yang juga Ketua PKPT IPPNU STAI Darul Ulum Berasan ini.

Dirinya berharap, dengan kegiatan kolaboratif semacam ini soliditas dan kekompakan organisasi pelajar NU di Kecamatan Muncar semakin kuat. “Serta apa yang telah dilakukan diridhoi Allah SWT, dan bermanfaat untuk semua,” pungkasnya.

Editor: A Habiburrahman

https://jatim.nu.or.id/read/peringati-hari-ozon-internasional–pelajar-nu-di-banyuwangi-tanam-mangrove