Konferensi Internasional Aicollim, Perguruan Tinggi Diminta Responsif dengan Zaman

Pasuruan, NU Online Jatim

Konferensi Internasional bertajuk The 3rd Annual International Conference on Language, Literature, and Media (Aicollim) resmi digelar, Rabu (15/09/2021). Perhelatan bergengsi ini dilaksanakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang secara virtual.

Acara ini sekaligus menjadi pertemuan forum asosiasi dosen-dosen Ilmu Adab se-Indonesia. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan yang seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020 lalu. Namun, tertunda lantaran pandemi Covid-19.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama (Kemenag), Suyitno menyampaikan bahwa perguruan tinggi hendaknya responsif terhadap tantangan zaman, utamanya di era revolusi industri 4.0.

“Dalam situasi perkembangan zaman yang semakin maju seperti saat ini, saya berharap kepada civitas akademika perguruan tinggi, baik pengajar maupun mahasiswa, agar turut aktif dalam mengembangkan pendidikan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, menurut pria kelahiran Tulungagung tersebut, sinergi antara masyarakat dan perguruan tinggi sangat penting dilakukan. Hal tersebut agar tercipta kehidupan yang baik dalam semua aspek.

“Sebagai akademisi, kita harus mengedukasi dan memberikan dampak yang positif dari segala aspek kepada masyarakat,” imbuhnya.

Di era teknologi yang semakin canggih, pemanfaatan dalam menyebarkan konten-konten yang bermutu bagi mayarakat harus terus dilakukan.

“Karena dengan begitu, peran perguruan tinggi akan bermanfaat dan mendapatkan apresiasi dari masyarakat,” pungkasnya.

Penulis: M Hifni S Rizqy

Editor: A Habiburrahman

https://jatim.nu.or.id/read/konferensi-internasional-aicollim–perguruan-tinggi-diminta-responsif-dengan-zaman